You need to enable javaScript to run this app.

PELAKSANAAN ANBK SMP NEGERI 1 LANGKE REMBONG BERJALAN LANCAR

PELAKSANAAN ANBK SMP NEGERI 1 LANGKE REMBONG BERJALAN LANCAR

smpn1langkerembong.sch.id - Pelajar Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 1 Langke Rembong mengikuti Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK).

ANBK merupakan program berbasis online atau semi-online yang dilaksanakan Kemendikbud sebagai penilaian terhadap mutu setiap sekolah, madrasah, dan program kesetaraan pada jenjang dasar hingga menengah. ANBK sendiri bertujuan untuk mengukur kompetensi dasar dan kompetensi khusus siswa. Kompetensi dasar meliputi kemampuan literasi, numerasi, dan ilmiah, sedangkan kompetensi khusus meliputi kemampuan berpikir kritis, kreatif, kolaboratif, dan komunikatif. Selain itu, ANBK juga bertujuan untuk memberikan umpan balik kepada siswa, guru, sekolah, dan pemerintah tentang kualitas pembelajaran dan hasil belajar siswa.

Jadwal ANBK 2023 untuk SMP sederajat dilaksanakan mulai hari senin, 18 September sampai tanggal 19 September 2023. Jumlah peserta ANBK dari SMP Negeri 1 Langke Rembong sebanyak 45 orang siswa kelas VIII. Disesuaikan dengan ketersediaan fasilitas komputer, peserta ANBK dibagi dalam dua ruang, yang masing-masing ruang diperuntukan bagi lima belas orang peserta, sedangkan lima belas orang peserta lainnya mengikuti ANBK pada sesi kedua.

Pelaksanaan ANBK 2023 untuk SMP sederajat hari pertama sesi pertama dimulai pada pukul 07.30-09.40, dengan jenis assesmen sebagai berikut: 1. Latihan (10 menit), 2. Literasi Membaca (90 menit), 3. Survei Karakter (30 menit). Sesi kedua, dimulai pukul 10.40-12.50 dengan pembagian waktu dan jenis assesmen yang sama dengan sesi pertama. ANBK pada hari kedua, sesi pertama dan kedua dimulai serta berakhir pada jam yang sama dengan hari pertama, dengan jenis assesmen sebagai berikut: 1. Latihan (10 menit), 2. Numerasi (90 menit), 3. Survei Lingkungan Belajar (30 menit). Adapun dalam pelaksanaanya, peserta ANBK, pengawas, maupun proktor, harus mematuhi tata tertib yang telah dibuat oleh panitia. Proktor dalam kegiatan ini, bertugas mengoperasikan aplikasi ANBK sebagai administrator.

Sebelumnya, para peserta ANBK telah mengikuti simulasi dalam rangka pengenalan sistem dan moda pelaksanaan selama dua hari.

Berkat dukungan dari semua pihak, kegiatan ANBK ini berjalan lancar, aman, dan tertib.

 

Bagikan artikel ini:

Beri Komentar

Adrianus Ndiri Lirik, S.Fil, M.Pd

- Kepala Sekolah -

Sebagai lembaga pendidikan, SMP Negeri 1 Langke Rembong tanggap dengan perkembangan teknologi. Dengan dukungan SDM yang di miliki sekolah ini siap untuk…

Berlangganan
Jajak Pendapat

Apakah website ini bermanfaat untuk masyarakat ?

Hasil
Banner