You need to enable javaScript to run this app.

Rapat Evaluasi Kegiatan PJJ dan Persiapan Ujian Daring

Rapat Evaluasi Kegiatan PJJ dan Persiapan Ujian Daring

smpn1langkerembong.sch.id - Rapat evaluasi kegiatan Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) dan persiapan ujian daring  dilaksanakan pada Senin, 28 Maret 2022. Rapat yang diikuti oleh seluruh tenaga pendidik dan kependidikan, dimoderatori oleh Ulrikus Sahiun, S.Pd., dan  dipimpin langsung oleh Kepala UPTD SMPN 1 Langke Rembong, Adrianus N. Lirik, S.Fil.M.Pd., ini berjalan aman dan sukses.

Kepala sekolah dalam sambutannya menyampaikan beberapa hal penting yang perlu menjadi perhatian dan dicermati bersama oleh semua elemen yang ada di lembaga SMP Negeri 1 Langke Rembong. Beberapa hal penting yang perlu dicermati bersama, antara lain mengenai teknis ujian yang akan mulai dilaksanakan pada tanggal 29 Maret sampai dengan tanggal 2 April 2022, persiapan penyusunan soal US 2022, serta perubahan RAB BOS setelah diverifikasi oleh Dinas PPO Kabupaten Manggarai.

Mengingat situasi pandemi yang tidak memungkinkan untuk diadakannya ujian tatap muka, kepala sekolah secara tegas menyampaikan ujian akan dilaksanakan secara online. Selain karena pertimbangan situasi, opsi ini juga dipilih untuk membiasakan para guru dan peserta didik memanfaatkan teknologi dalam pembelajaran, khususnya dalam penilaian. “Pelaksanaan ujian online menjadi penting karena ini merupakan tuntutan. Kita dituntut untuk melek teknologi, kita diharapkan mampu memanfaatkan sarana dan sumber daya teknologi yang ada untuk beradaptasi dengan hal-hal baru,” jelas kepala sekolah.

Senada dengan apa yang disampaikan kepala sekolah, wakil kepala sekolah urusan kurikulum, Heribertus Farini, S.Pd., memberikan penjelasan tambahan terkait alasan ujian online ini dilaksanakan.”Berbagai hal yang diperlukan dalam pelaksanaan ujian  daring ini sudah dipersiapkan, mulai dari tahap penginputan soal melalui aplikasi google form hingga pada proses penilaiannya nanti, anak-anak akan mengakses soal ujian dengan mengklik tautan yang dikirim guru di grup WA masing-masing mata pelajaran. Selain itu, ujian online ini dipilih karena belum adanya instruksi lanjutan terkait pelaksanaan pembelajaran tatap muka,”jelas Heribertus. Dalam mekanismenya bapak/ibu guru diharapkan melaksanakan dan mengontrol ujian dari sekolah , sedangkan anak-anak mengikuti ujian dari rumah. Hal ini bertujuan agar ketika mendapati kendala dalam proses ujian bisa diselesaikan bersama.

Poin selanjutnya yang dibahas dalam rapat ini yakni mengenai persiapan penyusunan soal ujian sekolah yang akan dilaksanakan pada tanggal 4 sampai 9 April 2022. Proses penyusunan soal US ini akan dipandu langsung oleh pengawas satuan pendidikan untuk setiap mata pelajaran. Hal penting yang perlu diingat dalam kegiatan penyusunan soal ini yaitu soal US yang disusun harus mengikuti model soal AKM (Asesmen Kompetensi Minimum). Penyusunan soal berbasis AKM ini bertujuan untuk menampilkan bentuk-bentuk soal yang lebih bervariasi, berupa pilihan ganda, menjodohkan, esai atau uraian, pilihan ganda kompleks dan isian atau jawaban singkat.

 

Hal terakhir yang dibahas dalam rapat ini yaitu mengenai revisi RAB BOS setelah diverifikasi tim BOS Dinas PPO Kabupaten Manggarai. Ada beberapa kegiatan dan pos belanja yang perlu direvisi, dikurangi, dan ditambah. Verifikasi dan revisi ini sangat penting agar RAB BOS yang disusun harus berdasarkan juknis BOS 2022 dan menjawabi kebutuhan-kebutuhan prioritas yang ada di SMPN 1 Langke Rembong.  

Rapat diakhiri dengan pembacaan poin-poin penting oleh notulis sekaligus moderator, Ulrikus Sahiun, S.Pd.,sebagai simpulan hasil rapat hari ini, dan dilanjutkan ucapan terima kasih dan apresiasi dari kepala sekolah kepada semua guru dan tenaga kependidikan yang telah hadir mengikuti rapat hingga selesai. Rapat ini dilaksanakan dengan tetap mematuhi protokol kesehatan. (*Tim Publikasi).

 

 

Bagikan artikel ini:

Beri Komentar

Adrianus Ndiri Lirik, S.Fil, M.Pd

- Kepala Sekolah -

Sebagai lembaga pendidikan, SMP Negeri 1 Langke Rembong tanggap dengan perkembangan teknologi. Dengan dukungan SDM yang di miliki sekolah ini siap untuk…

Berlangganan
Jajak Pendapat

Apakah website ini bermanfaat untuk masyarakat ?

Hasil
Banner