You need to enable javaScript to run this app.

Rapat Pembahasan RKT dan RKAS Dana BOSP Tahun Anggaran 2024

Rapat Pembahasan RKT dan RKAS Dana BOSP Tahun Anggaran 2024

smpn1langkerembong.sch.id – Kegiatan Pembahasan RKT dan RKAS Dana BOSP Tahun Anggaran 2024 tingkat UPTD SMPN 1 Langke Rembong berjalan sukses.

Rencana Kinerja Tahunan (RKT) merupakan penjabaran dari kegiatan sekolah yang bersifat strategis dan digunakan sebagai pedoman dalam pelaksanaan kegiatan selama satu tahun, sedangkan Rencana Kegiatan dan Anggaran Sekolah (RKAS) merupakan rencana biaya dan pendanaan program atau kegiatan sekolah selama satu tahun yang dikelola langsung oleh pihak sekolah.

Kegiatan yang berlangsung selama dua hari, Senin dan Selasa, 20 s.d 21 November 2023 ini merupakan lanjutan dari proses perencanaan kegiatan yang sebelumnya telah dirancang oleh tim 8 standar. Tim 8 standar ini terdiri dari: 1. Standar Kompetensi Lulusan; 2. Standar Isi; 3. Standar Proses; 4. Standar Pengelolahan; 5. Standar Pendidikan dan Tenaga Kependidikan; 6. Standar Sarana dan Prasarana; 7. Standar Pembiayaan; 8. Standar Penilaian.

Selama dua hari pelaksanaan kegiatan, setiap standar diberi kesempatan untuk memaparkan hasil rancangan kegiatan masing-masing. Adapun rancangan kegiatan/program yang disusun oleh masing-masing standar berisikan uraian kegiatan, jadwal pelaksaan, serta anggaran yang dibutuhkan. Penyusunan RKAS dengan tetap memperhatikan kondisi lingkungan sekolah serta memilih program-program prioritas yang disesuaikan dengan Dana yang diterima sekolah.  

Sekolah perlu mencermati nominal yang dianggarkan sudah sama dengan total anggaran BOS yang diterima, hingga tidak ada dana BOS yang tersisa. Hal ini sebagai penanda bahwa sekolah telah memaksimalkan seluruh rincian kegiatan menggunakan dana BOS yang diberikan pemerintah. Setelah penganggaran selesai dibuat, maka sekolah wajib mengajukan pengesahan kepada dinas pendidikan.

RKAS yang sudah disahkan oleh dinas pendidikan, selanjutnya akan dipleno dengan melibatkan ketua komite, pengurus komite, perwakilan orangtua, serta seluruh dewan guru dan pegawai.

Bagikan artikel ini:

Beri Komentar

Adrianus Ndiri Lirik, S.Fil, M.Pd

- Kepala Sekolah -

Sebagai lembaga pendidikan, SMP Negeri 1 Langke Rembong tanggap dengan perkembangan teknologi. Dengan dukungan SDM yang di miliki sekolah ini siap untuk…

Berlangganan
Jajak Pendapat

Apakah website ini bermanfaat untuk masyarakat ?

Hasil
Banner